Friday, 21 July 2017
Uncategorized

APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA

APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA, APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA

APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA

Pernah mendengar istilah tentang aperture pada kamera ponsel? Kali ini kita akan mencari tahu tentang aperture pada kamera ponsel dan fungsinya.  Secara sederhana, pengertian aperature adalah bukaan lensa yang mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke Sensor.

Nilai aperture yang dipilih ini akan menentukan bukaan yaitu seberapa kecil atau besarnya bukaan lensa. Semakin besar bukaan lensa, maka semakin besar pula cahaya yang masuk. Begitu pula sebaliknya yaitu semakin sempit bukaan lensa maka semakin sedikit cahaya yang masuk.

Selain membahas mengenai aperture pada kamera ponsel dan fungsinya, kita perlu mengetahui mengenai satuan aperture. Satuan aperture ini adalah f-stop, misalnya f/2.8, f/5, f/8, f/22 dan lain-lain. Pengaturan aperture sendiri sangat bergantung pula dengan pengaturan Shutter Speed dan ISO. Maka semakin rendah nilainya (ex. f/2.8), maka semakin lebar pula bukaannya. Dan masih sebaliknya semakin besar nilainya seperti f/22 maka semakin kecil bukaannya.

Lalu apakah pula pengaruh Aperture terhadap Depth Of Field? Saat kita kita mengubah Nilai aperture, maka akan berpengaruh terhadap Depth of Field. Untuk yang belum mengetahui mengenai apakah Depth of Field, berikut ini adalah penjelasannya.
Depth of Field merupakan area tajam / area fokus pada gambar. Aperture pada kamera ponsel dan fungsinya akan berbanding terbalik dengan Depth of Field, maka dari itu saat kita atur bukaan aperture terlebar (angka kecil) maka Depth of Field tersempit akan kita dapatkan, sebaliknya jika kita mengatur bukaan aperture tersempit (angka besar) maka Area Depth of Field terluas yang kita dapatkan.

Jika Depth of Field Sempit itu artinya sedikit area fokus dan banyak area blur/tidak fokus. Pengaturan Aperture ini sangat bermanfaat dalam fotografi jenis apapun, baik landscape (pemandangan), portrait(wajah) dan maupun macro.

Dalam fotografi landscape biasanya yang digunakan bukan aperture pada kamera ponsel dan fungsinya yang termasuk aperture terkecil (angka besar) sehingga semua area tampak tajam / fokus, baik area foreground atau background, dengan menggunakan lensa wide angle akan dihasilkan gambar yang sangat dramatis.

Sedangkan untuk fotografi Portrait terkadang menggunakan bukaan aperture lebar (nilai kecil). Tujuannya adalah untuk mengisolasi subjek agar lebih dominan dan tidak dikacaukan oleh background, dan biasanya menggunakan lensa tele menengah.

Hal ini juga berlaku untuk fotografi macro, yaitu dengan menggunakan lensa makro ketika ingin mengisolasi subjek dan mengaburkan background, maka settingan aperture terlebar dapat kita gunakan. Ini pun termasuk aperture pada kamera ponsel dan fungsinya.

Aperture pada setiap lensa tidak sama alias berbeda-beda. Misalnya pada lensa prime, biasanya lensa ini  memiliki bukaan sangat lebar (nilai kecil misal. f/1.4), dan pada lensa zoom biasanya memiliki bukaan terlebar f/4. Inilah salah satu kelebihan lensa prime yang dapat menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya.
Lensa prime sering juga disebut lensa cepat karena memiliki bukaan aperture lebar sehingga dapat menggunakan shutter speed cepat. Dalam banyak kasus lensa prime dengan bukaan aperture lebar memiliki banyak keunggulan seperti menangani kondisi minim cahaya, mengisolasi subjek, dan penggunaan ISO yang lebih rendah.

Elemen di dalam lensa prime tidak bergerak maju mundur, hal inilah yang menjadikan kualitas gambar yang dihasilkan lebih konstan. Kelebihan lain adalah lensa ini berukuran lebih kecil dan biasanya berbobot lebih ringan sehingga mudah dibawa kemanapun.

Perlu juga diketahui mengenai mode auto aperture pada kamera ponsel dan fungsinya. Model auto aperture (AV/Aperture Value) ini adalah mode semi otomatis yang mengijinkan kita untuk merubah angka aperture secara manual dan shutter speed akan mengikutinya secara otomatis. Mode ini berfungsi menghemat waktu dalam banyak kasus dan sangat berguna bagi penggunanya. Melalui tampilan live view kita bisa melihat perbedaan DOF setelah merubah angka aperture tersebut.

  APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA,   APERTURE PADA KAMERA PONSEL DAN FUNGSINYA

Post Comment