Friday, 21 July 2017
Game COC Tentang Kesehatan Uncategorized

Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!

Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!, Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!

Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!

Cara Memasang Behel Fashion dan Perawatan Behel Lepas Pasang

Cara memasang behel itu gampang-gampang susah, jadi lebih lebih banyak gampangnya daripada susahnya 🙂 . Meskipun awalnya kadang ada yang merasa susah, tapi setelah memasang 2 atau 3 kali, maka Anda akan terbiasa dan lebih enjoy dalam memasang behel fashion sendiri. Cara pemasangan ini ditujukan untuk pemula atau pengguna yang lupa bagaimana cara memasang behel gigi / kawat gigi yang benar. So, keep reading.

Sekilas tentang Behel Fashion

Behel fashion atau lebih sering disebut sebagai behel lepas pasang semakin tren di kalangan remaja tanah air. Saat ini behel gigi sudah menjadi aksesoris agar penampilan lebih trendy dan fashionable. Bahkan saat ini behel gigi sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga memiliki warna-warna yang menarik dan cocok untuk bepergian dan bisa untuk bergaya. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah : pemasangan behel harus hati-hati, jika tidak, akan menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi. Lalu bagaimana cara memasang behel fashion / behel lepas pasang?

Sebagai catatan : Behel fashion / behel lepasan adalah behel yang sudah dirangkai dan siap dipakai. Jadi Anda bisa pasang sendiri karena pemakaiannya tidak ribet dan Anda tidak perlu ke dokter. Komponen behel fashion sama persis dengan kompenen behel permanen, jadi kalau menggunakan behel ini seakan memakai behel permanen. Bracket yang asli terbuat dari bracket & kawat asli khusus buat gigi sehingga behel tidak akan berkarat.

Akan tetapi, karena behel fashion / lepas pasang tidak disertai dengan cetakan gigi Anda, maka panjang kawat yang dikirim mungkin tidak selalu pas dengan ukuran gigi Anda. Dengan demikian, biasanya penjual akan membuat atau memotong panjang kawat sesuai ukuran normal atau ukuran rata-rata yaitu kurang lebih 9,5 cm sebelum kawat dibengkokan. Rangkaian behel terdiri dari: Kawat, Bracket (8 biji) bisa digeser, dan Karet yang sudah dirangkai. Berikut ini adalah gambar behel fashion yang belum dan yang sudah dibengkokkan.

Cara pemasangan behel fashion sendiri dan behel lepas pasang

Langkah-Langkah Pemasangan Behel Fashion

  • Pastikan Anda menggosok gigi terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya noda yang membuat penampilan kurang menarik dan tentu akan menyulitkan jika Anda ingin menyikat gigi saat menggunakan behel.
  • Siapkan cermin untuk melihat rongga mulut dimana behel akan dikaitkan. Sekedar info : nantinya behel akan dikaitkan pada sela-sela gigi. Biasanya sela-sela gigi yang dipakai adalah sela-sela gigi ke 1 atau 2 dari belakang.
  • Jika kawat gigi belum bengkok, silahkan bengkokkan dengan tang atau sejenisnya sehingga berbentuk seperti huruf “L” dan disesuaikan dengan panjang antara sela gigi bagian kanan dengan sela gigi bagian kiri. Standarnya bagian yang bengkok adalah kurang lebih 1cm atau menyesuaikan dengan ketebalan gigi.
  • Selipkan salah satu ujung kawat behel pada sela-sela antar gigi paling belakang tepatnya dibawah gusi.
  • Tekan dan tarik perlahan kawat kesisi satunya lalu tekan hingga anda merasa nyaman dan behel terasa kencang di gigi anda.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman dan behel terlalu panjang, Anda bisa memotongnya menggunakan tang atau alat potong kuku biasa. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa bagian ujungnya bengkok ke arah dalam.
  • Ketika panjang kawat sudah pas, Anda bisa menggeser-geser bracket sesuai dengan posisi masing-masing gigi.
  • Hati-hati saat memasang karena ujung kawat gigi biasanya lancip dan bisa melukai gusi atau kulit Anda.
  • Jika Anda mau makan atau gosok gigi, maka sebaiknya behel gigi fashion Anda lepas terlebih dahulu.

Baca juga : Mengenal Behel Gigi dan Jenis-jenisnya >> Macam-Macam Behel Gigi

Penting!! Untuk Kesehatan Anda

Ketika memilih behel fashion, pemilihan bahan untuk behel sangat penting untuk kesehatan mulut dan gigi. Behel lepas pasang yang baik menggunakan bahan kawat niti yang memang sudah teruji dalam bidang kedokteran baik untuk gigi dan mulut Anda. Bahan ini juga tidak mudah berkarat sehingga sangat aman berada di mulut Anda. Selain pemilihan bahan, Anda juga harus mengetahui bahwa behel ini merupakan aksesoris. Jadi, penggunaannya juga sebagai tampilan fashion saja. Sebaiknya dilepas saat hendak makan atau beraktivitas dengan jadwal yang padat. Tidak hanya itu, saat memakai behel ini Anda juga harus hati-hati karena ujung kawat dari behel ini sangat tajam dan dapat melukai gusi atau gigi Anda.

Perawatan Behel Fashion

Merawat behel ini berarti merawat kesehatan mulut dan gigi sehingga Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Perawatan behel fashion yaitu dengan mencucinya menggunakan air hangat saat tidak digunakan. Anda harus memastikan bahwa air yang Anda gunakan tidak terlalu panas untuk behel. Sebab suhu yang terlalu tinggi dapat membuat behel melar dan tidak nyaman lagi saat dipakai. Penggunaan air hangat ini memiliki tujuan untuk membunuh kuman yang menempel pada behel tersebut. Setelah dicuci dengan air hangat, Anda perlu membilasnya dengan air dingin dan dikeringkan seperti biasa. Setelah benar-benar kering, Anda boleh menyimpang behel lepas pasang Anda pada box behel agar tidak terkontaminasi kuman yang berasal dari debu atau yang lainnya.

Baca juga : 11 Tips Cara Merawat Gigi & Behel >> Perawatan Gigi Behel

Semoga tips tentang cara memasang behel fashion ini bermanfaat bagi Anda. Semoga penampilan Anda semakin hari semakin menarik dan penggunakan behel fashion juga menunjang penampilan Anda. Selamat berakhir pekan dan selamat mencoba. 🙂

  Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!,   Cara Memasang Behel Fashion + Perawatannya!

Post Comment