Friday, 21 July 2017
Game COC Uncategorized

CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH

CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH, CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH

CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH

Cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh sepertinya cocok bagi anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang rendah. Karena hal ini dapat anda lakukan agar memori yang sempit tersebut dapat terasa lebih lega.

Karena akan sangat menyebalkan apabila saat anda membutuhkan sebuah aplikasi dan akan menginstallnya, kapasitas penyimpanan di smartphone anda malah tidak bisa menampungnya. Padahal bisa saja aplikasi tersebut tergolong penting dan sangat anda butuhkan.

Nah untuk mencegah hal itu terjadi, anda bisa melakukan beberapa cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh. Mari simak ulasannya dibawah ini.

1. Pantau ukuran file

Cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang pertama adalah dengan memantau ukuran file yang akan anda simpan. Perlu anda ingat bahwa semakin bagus semua aplikasi, maka akan semakin besar pula ukuran filenya. Dengan demikian anda akan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar saat akan menyimpannya. Nah akan lebih baik jika anda lebih memperhatikan berapa besar ukuran file tersebut untuk memastikan apakah ruang simpan di memori smartphone anda masih mencukupi.

2. Hapus aplikasi tidak perlu

Menghapus aplikasi yang tidak terlalu diperlukan adalah cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang berikutnya. Hal ini pastinya bertujuan agar memori ponsel anda tidak habis hanya karena menyimpan aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan. Apalagi beberapa smartphone tertentu juga menyertakan bloatware atau aplikasi bawaan yang bisa jadi tidak pernah digunakan. 

Cara ini sebenarnya cara paling mudah untuk anda lakukan. Anda cukup masuk ke Settings>Apps, pilih aplikasinya dan tekan Uninstall untuk menghapus. Atau anda juga bisa melakukannya dengan menekan dan geser aplikasi ke bagian atas layar untuk ditempatkan ke piihan uninstall. Beberapa bloatware ada yang tidak bisa dihapus, untuk itu anda memang tidak bisa memiliki pilihan lain kecuali mematikan fitur update agar tidak selalu mengalami pembaruan yang bisa memakan cukup banyak memori.
3. Gunakan media simpan tambahan

Cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang ketiga adalah dengan menggunakan media simpan tambahan. Walaupun kapasitas memori internal anda terlihat masih luas, namun tak ada salahnya jika anda menggunakan tambahan memori dengan memakai memori eksternal pada smartphone anda. Meski smartphone anda memiliki kapasitas ruang simpan yang luas, namun lambat laun kapasitas yang besar itu akan habis juga. Maka untuk berjaga-jaga, akan lebih baik jika anda menambahkan memori internal pada smartphone.

Jika sudah menggunakan memori eksternal, silahkan ubah pengaturan agar data-data tersebut dipindahkan ke kartu tambahan. Untuk memindahkannya, coba masuk ke pengaturan Settings> Storage, dan ketuk Tranfer data to SD card. Atau anda juga bisa memindahkan aplikasi yang telah terpasang di memori internal ke memori eksternal. Caranya adalah masuk ke Settings>Apps, pilih salah satu aplikasinya, dan ketuk Move to SD card.

4. Manfaatkan penyimpanan cloud

Memanfaatkan penyimpanan cloud adalah cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang berikutnya. Jika koneksi internet anda lancar dan tidak memiliki batas kuota, maka tidak akan ada salahnya jika anda menyimpan file melalui layanan cloud. Saat ini layanan cloud menyediakan fasilitas penyimpanan dengan pilihan kapasitas yang cukup besar. Anda yang memiliki file-file tertentu seperti foto atau musik, dapat menyimpannya disana. Sebagai contoh adalah untuk file foto, bisa menggunakan layanan Google Photos. Layanan cloud populer lainnya semisal Dropbox juga bisa menjadi pilihan.
5. Bersihkan file sampah

Yang namanya aplikasi, setiap kali digunakan pasti akan menyimpan file temporari. File ini berguna agar pengguna bisa mengakses aplikasi dengan lebih cepat. Dan lama kelamaan yaitu seiring dengan penggunaannya, ukuran file ini akan terus bertambah dan bisa memenuhi media simpan. Meski bertujuan mempercepat proses penggunaan, file temporari cukup aman jika dihapus. Maka cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang selanjutnya adalah anda bisa menghapus atau membersihkan file sampah yang ada pada memori smartphone anda.

Hal ini tidak akan terlalu mempengaruhi kinerjanya. Maka dari itu anda bisa melakukan pembersihan tersebut secara rutin. Cara sederhana yang bisa anda lakukan adalah anda bisa melakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Caranya, masuk ke Settings>Apps, dari sini tekan Clear cache dan Clear data. Lakukanlah cara ini pada tiap aplikasi yang memakan banyak penggunaan memori. JIka anda tak ingin kerepotan dengan hal ini, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Clean Master, CCleaner, dan masih banyak lainnya. Maka anda akan melakukan perbersihan file dengan lebih mudah dan praktis.

6. Pilih resolusi yang lebih rendah

Cara pintar mengatur file agar memori tak cepat penuh yang terakhir adalah sebaiknya pilih resolusi yang lebih rendah untuk kegiatan pengambilan gambar. Hal ini berlaku jelas bagi anda yang memiliki smartphone dengan ukuran layar yang tak terlalu besar. Karena sebenarnya untuk sebuah smartphone yang memiliki layar berukuran kecil, penggunaan resolusi tinggi memang tidak akan terlalu terlihat perbedaannya. 

Maka apabila hanya untuk dilihat melalui smartphone saja, sebaiknya gunakan resolusi rendah saat merekam video atau mengambil foto. Hal ini tentu akan lebih menghemat media simpan. Saat merekam video, pilih saja resolusi 720p dibanding 1080p, atau bisa juga resolusi dibawah itu jika masih memungkinkan dan masih nyaman dilihat dari smartphone.

  CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH,   CARA PINTAR MENGATUR FILE AGAR MEMORI TAK CEPAT PENUH

Post Comment