Thursday, 23 November 2017
Review

Perkembangan Bahasa Anak Usia 1 Tahun

anak

Dari dalam rahim, sampai lahir ke dunia, mengamati perkembangan anak adalah hal yang membahagiakan bagi setiap orang tua. Perkembangan biasanya identik dengan perubahan skill dan pertumbuhan biasanya merujuk pada sesuatu yang bisa kita lihat secara fisik dari sang anak. Namun tetap saja tumbuh dan kembang tak bisa dipisahkan. Salah satu tumbuh kembang yang paling menarik untuk diketahui dan diperhatikan oleh orang tua adalah perkembangan bahasa, apalagi jika anak tersebut baru berusia 1 tahun. Berikut informasi mengenai tumbuh kembang anak 1 tahun dari segi bahasa yang harus orang tua ketahui.

  • Pada usia 1 tahun, anak Anda mulai menguasai beberapa kata akibat contoh dari lingkungan yang paling sering ia dengar. Biasanya, anak akan dapat mengucapkan 6 kata yang ia telah mengerti pada usia ini.
  • Selanjutnya, anak usia 1 tahun ini akan senang sekali mengoceh dengan jenis suara yang berbeda dengan pola pengucapan yang sebenarnya pada pembicaraan orang dewasa. Tentu saja demikian, karena ia masih satu tahun, apa yang diucapkannya pasti belumlah sempurna. Hal ini dapat dilihat orang tua ketika anaknya mengoceh dengan nada tinggi atau rendah.
  • Di samping mengoceh, anak usia 1 tahun akan menirukan berbagai gesture pendukung seperti melambaikan tangan, mengangguk, menggeleng dan lain sebagainya.
  • Anak pada usia ini pun sudah mulai bisa mengucpkan kata selain mama dan papa secara jelas.
  • Ditambah lagi, anak mulai mengerti perintah sederhana dari orang tua seperti ketika orang tua meminta ia untuk memberikan sesuatu kepada.

Begitulah tumbuh kembang anak 1 tahun dari segi bahasanya yang umumnya pasti terjadi. Pada usia ini pula, orang tua harus banyak mengajak anak berkomunikasi. Ajaklah ia berbicara secara menyenangkan dan dengan pengucapan yang benar. Kesalahan besar orang tua yang umumnya dilakukan adalah mengiyakan bahkan mengajari anak pengucapan yang salah seperti menyebut “cucu” untuk sebutan susu. Anda seharusnya memberikan contoh pengucapan yang benar untuk mendukung tumbuh kembang bahasanya dengan baik.

Kegiatan seperti membacakan cerita atau mengajaknya bernyanyi bersama pun sangat baik demi mengasah minatnya terhadap bahasa dan menambah pembendaharaan kosakatanya. Namun ingat, jangan memaksanya untuk bicara. Ia pasti akan berbicara pada saatnya tiba. Itulah pembahasan sederhana mengenai tumbuh kembang anak 1 tahun dari segi bahasanya yang semoga bisa bermanfaat bagi orang tua sekalian.

Post Comment